Class Notes on Thursday 28 February 2013
Erdy's Notes on Consumer Behavior Class
Lecturer : Prof Dr Ir Ujang
Sumarwan, MSC
(www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Based on Consumer Behavior Text
Book by Ujang Sumarwan
Perilaku
Konsumen
Pengolahan Informasi dan
Persepsi
Konsumen
Stimulus
merupakan apa yang dilihat oleh mata,apa yang didengar oleh telinga dan apa
yang dicium oleh hidung kita (panca indera). Stimulus akan diproses oleh otak
untuk mengolah informasi. Stimulus yang ada pada bidang marketing misalnya adalah produk, brand, package, iklan dan
nama produsen. Contoh stimulus yang memang dirancang untuk menarik perhatian
konsumen yaitu, iklan yang ada di berbagai media seperti televisi, radio, koran
dan berbagai media sosial lainnya. Persepsi
adalah proses pengolahan informasi. Terdapat 5 (lima) tahapan dalam proses
pengolahan informasi pada diri manusia yakni pemaparan, perhatian, pemahaman,
penerimaan, dan retensi. Pemaparan yaitu proses memberikan stimulus kepada
panca indera manusia sehingga menimbulkan sensasi (contohnya mau mencoba suatu
merk setelah melihat sebuah iklan tayangan televisi yang berulang).
Terdapat
dua faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu ambang absolut (The Absolute
Threshold), dan ambang berbeda (The Differential Threshold). Ambang absolut
adalah jumlah minimum intensitas atau energi stimulus yang diperlukan oleh
seseorang konsumen agar dia merasakan sensasi (misalnya jumlah Tissue dalam
satu kotak seharusnya berisi 200 lembar, namun karena krisis isinya berkurang
menjadi 180 dengan harga yang tetap sama namun perubahan ini tidak terlalu
berarti untuk konsumen). Ambang berbeda disebut juga sebagai The Just
Noticeable of Difference Threshold (JND) contoh kasusnya adalah ukuran minimum
dari jarak billboard yang efektif agar pesan dapat tersampaikan kepada konsumen
yang notabenenya berada di jalan seperti jalan tol). Rumus dari JND adalah Intensitas Stimulus awal sebelum ada
perubahan dikalikan dengan
Konstanta proporsi jumlah perubahan dalam
stimulus yang diperlukan agar bisa dirasakan.
Perhatian
(Attention) yaitu proses penerimaan pemaparan menjadi sebuah perhatian. Dua
faktor yang mempengaruhi perhatian yaitu faktor pribadi, dan faktor stimulus.
Pemahaman merupakan tahap memberi makan pada stimulus. Konsumen melakukan “perceptual
organization” atau “stimulus organization”. Tahap keempat adalah penerimaan,dan
yang terakhir adalah retensi yang merupakan memindahkan igatan kita ke dalam
memori.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar