Jumat, 01 Maret 2013

Class Notes on Thursday 28 February 2013



Erdy's Notes on Consumer Behavior Class
Lecturer : Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC 
(www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan 
         
Perilaku Konsumen
   
Pengolahan Informasi dan
 Persepsi Konsumen
            Stimulus merupakan apa yang dilihat oleh mata,apa yang didengar oleh telinga dan apa yang dicium oleh hidung kita (panca indera). Stimulus akan diproses oleh otak untuk mengolah informasi. Stimulus yang ada pada bidang marketing misalnya adalah produk, brand, package, iklan dan nama produsen. Contoh stimulus yang memang dirancang untuk menarik perhatian konsumen yaitu, iklan yang ada di berbagai media seperti televisi, radio, koran dan berbagai media sosial lainnya.            Persepsi adalah proses pengolahan informasi. Terdapat 5 (lima) tahapan dalam proses pengolahan informasi pada diri manusia yakni pemaparan, perhatian, pemahaman, penerimaan, dan retensi. Pemaparan yaitu proses memberikan stimulus kepada panca indera manusia sehingga menimbulkan sensasi (contohnya mau mencoba suatu merk setelah melihat sebuah iklan tayangan televisi yang berulang).
Terdapat dua faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu ambang absolut (The Absolute Threshold), dan ambang berbeda (The Differential Threshold). Ambang absolut adalah jumlah minimum intensitas atau energi stimulus yang diperlukan oleh seseorang konsumen agar dia merasakan sensasi (misalnya jumlah Tissue dalam satu kotak seharusnya berisi 200 lembar, namun karena krisis isinya berkurang menjadi 180 dengan harga yang tetap sama namun perubahan ini tidak terlalu berarti untuk konsumen). Ambang berbeda disebut juga sebagai The Just Noticeable of Difference Threshold (JND) contoh kasusnya adalah ukuran minimum dari jarak billboard yang efektif agar pesan dapat tersampaikan kepada konsumen yang notabenenya berada di jalan seperti jalan tol). Rumus dari JND adalah Intensitas Stimulus awal sebelum ada perubahan dikalikan dengan
Konstanta proporsi jumlah perubahan dalam stimulus yang diperlukan agar bisa    dirasakan.
         Perhatian (Attention) yaitu proses penerimaan pemaparan menjadi sebuah perhatian. Dua faktor yang mempengaruhi perhatian yaitu faktor pribadi, dan faktor stimulus. Pemahaman merupakan tahap memberi makan pada stimulus. Konsumen melakukan “perceptual organization” atau “stimulus organization”. Tahap keempat adalah penerimaan,dan yang terakhir adalah retensi yang merupakan memindahkan igatan kita ke dalam memori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar