Jumat, 22 Februari 2013

Class Notes on Thursday 21 February 2013



Erdy's Notes on Consumer Behavior Class
Lecturer : Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC 
(www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan 
         
Perilaku Konsumen
     
     Perilaku konsumen sangat berkaitan erat hubungannya dengan pemasaran,karena pada dasarnya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan sangat memperhatikan sekali setiap perilaku konsumen dalam melakukan kegiatan untuk mengambil keputusan pembelian sebuah produk. Proses keputusan ditentukan oleh dua strategi pemasaran perusahaan (iklan), Teori kepribadian salah satunya adalah teori Freud. Id merupakan aspek biologis yang telah ada sejak lahir, yang mendorong munculnya kebutuhan fisiologis (naluri) Id merupakan kepribadian yang buruk. Superego merupakan sebuah naluri untuk mengikuti atau mematuhi peraturan dan norma yang berlaku, Superego merupakan kepribadian yang baik. Ego berada di tengah dan diantara Id dan Superego yang menyeimbangkan keduanya, sehingga sesungguhnya ego itu merupakan kepribadian manusia yang baik hanya saja pengertian di masyarakat menjadi salah yang menganggap ego itu sesuatu yang buruk.

     Teori kepribadian yang lain adalah Teori non-Freud. Sering disebut sebagai teori sosial psikologi yang mengikuti dimensi lingkungan sekitar,teori kepribadian ini juga juga didasarkan kepada lingkungan dan motivasi (dorongan untuk melakukan suatu hal). Teori non-Freud merupakan ketidaksetujuan akan dominasi peran insting dan seks (biologis) dalam pembentukan kepribadian manusia. 

     Konsep diri merupakan gabungan dari kepribadian dan gaya hidup. Gaya hidup sendiri merupakan cerminan dari kepribadian begitulah menurut Dosen Perilaku Konsumen saya yaitu Prof. Dr. Ujang Sumarwan, Msc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar