Erdy's Notes on Consumer Behavior Class
Lecturer : Prof Dr Ir Ujang
Sumarwan, MSC
(www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Based on Consumer Behavior Text
Book by Ujang Sumarwan
Perilaku
Konsumen
Perilaku konsumen sangat
berkaitan erat hubungannya dengan pemasaran,karena pada dasarnya kegiatan
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan sangat memperhatikan sekali setiap
perilaku konsumen dalam melakukan kegiatan untuk mengambil keputusan pembelian
sebuah produk. Proses keputusan ditentukan oleh dua strategi pemasaran
perusahaan (iklan), Teori kepribadian salah satunya adalah teori Freud. Id
merupakan aspek biologis yang telah ada sejak lahir, yang mendorong munculnya
kebutuhan fisiologis (naluri) Id merupakan kepribadian yang buruk. Superego
merupakan sebuah naluri untuk mengikuti atau mematuhi peraturan dan norma yang
berlaku, Superego merupakan kepribadian yang baik. Ego berada di tengah dan
diantara Id dan Superego yang menyeimbangkan keduanya, sehingga sesungguhnya
ego itu merupakan kepribadian manusia yang baik hanya saja pengertian di
masyarakat menjadi salah yang menganggap ego itu sesuatu yang buruk.
Teori kepribadian yang lain adalah Teori non-Freud. Sering disebut sebagai
teori sosial psikologi yang mengikuti dimensi lingkungan sekitar,teori
kepribadian ini juga juga didasarkan kepada lingkungan dan motivasi (dorongan
untuk melakukan suatu hal). Teori non-Freud merupakan ketidaksetujuan akan
dominasi peran insting dan seks (biologis) dalam pembentukan kepribadian
manusia.
Konsep diri merupakan gabungan dari kepribadian dan gaya hidup. Gaya hidup
sendiri merupakan cerminan dari kepribadian begitulah menurut Dosen Perilaku
Konsumen saya yaitu Prof. Dr. Ujang Sumarwan, Msc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar